Sunday, February 27, 2011

Menyikapi kritikan dan pernyataan dari sejumlah elemen masyarakat terkait kinerja pemerintahan, Bupati Karawang, H. Ade Swara menegaskan bahwa selama ini dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang tidak diam saja, melainkan terus bekerja demi mengemban amanah rakyat. Penegasan tersebut disampaikan Bupati saat melakukan monitoring kegiatan minggon di 4 (empat) kecamatan, Selasa (22/2).
Lebih lanjut Bupati menjelaskan, apa yang menjadi kinerja seratus hari kerja hendaknya tidak dipandang bahwa segala permasalahan harus diselesaikan dalam waktu 100 hari kerja sejak dirinya lantik. Melainkan masa pencanangan, dimana dalam waktu 100 hari kerja sudah ada kepastian program pembangunan yang akan diselenggarakan. "Tidak mungkin berbagai permasalahan masyarakat, khususnya yang telah bertahun-tahun, dapat diselesaikan begitu saja, seperti permasalahan kondisi jalan di Karawang Selatan," jelasnya.
Untuk itu, lanjut Bupati, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak guna kesuksesan penyelenggaraan pembangunan di Kab. Karawang. "Berbagai permasalahan yang ada tidak bisa hanya dilimpahkan kepada Pemerintah Daerah saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab kita semua untuk bersama-sama mencari penyelesaiannya," tuturnya.
Bupati melanjutkan, bila dilihat dari titik awal kinerja dirinya sebagai Bupati, angka indeks pembangunan manusia (IPM) Kab. Karawang berada pada posisi 69,6 persen, dengan Angka Harapan Hidup (AHH) 66,58 tahun, Angka Melek Huruf (AMH) 93,14 persen, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) 6,78 tahun, dan Daya Beli sebesar Rp. 570 ribu. "Ini berarti pembangunan harus dilaksanakan di segala aspek," lanjutnya.
Guna perbaikan tersebut, lanjut Bupati, Pemerintah Daerah telah menyusun visi Karawang Yang Sejahtera, Berbasis Pembangunan Berkeadilan, Dilandasi Iman dan Taqwa. Visi tersebut didukung dengan lima misi, yaitu 1. Meningkatkan kualitas pelayanan sosial; 2. Penguatan ekonomi daerah; 3. Meningkatkan pelayanan ketersedian infrastruktur wilayah; 4. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan; serta 5. Meningkatkan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.
Bupati menambahkan, dengan visi dan misi tersebut, diharapkan pada akhir masa jabatan dirinya sebagai Bupati, Kab. Karawang diharapkan dapat memiliki nilai IPM sebesar 74,5 persen. "Untuk itu, demi tercapainya visi dan misi tersebut, saya berharap dukungan semua lapisan masyarakat," tambahnya.
Di sisi lain, Kapolres Karawang, AKBP Merdisyam yang turut mendampingi Bupati menilai bahwa kegiatan monitoring minggon tersebut juga bermanfaat bagi institusi yang dipimpinnya. "Melalui kegiatan ini kita dapat mengenal berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya yang terkait dengan permasalahan kamtibmas," tambahnya.
Sementara itu, di sela-sela kegiatan minggon di empat kecamatan tersebut, Bupati Ade Swara menyempatkan diri menyaksikan pelantikan pengurus MUI Kecamatan Purwasari oleh Ketua MUI Kab. Karawang, H. Adjie Mubarok, menyerahkan sejumlah hadiah bagi para siswa SD, menyerahkan SPT kepada wajib pajak, serta meresmikan jalan Desa Bojongsari Kec. Tirtamulya.
Sejumlah pejabat daerah turut mendampingi Bupati, diantaranya Asisten Pemerintahan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Kantor Kesbang Linmas, serta Kabag Pemerintahan Umum dan Kabag Humas Setda.
 

No comments:

Post a Comment