Sunday, February 27, 2011

DPRD KAB KARAWANG TETAPKAN TONO BACHTIAR SEBAGAI KETUA DEFINITIF

ImageSetelah selama beberapa waktu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPRD Kab. Karawang, H. Tono Bachtiar, S.IP, akhirnya ditetapkan oleh DPRD Kab. Karawang sebagai Ketua DPRD Definitif. Penetapan sebagai Ketua DPRD tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin oleh salah satu unsur pimpinan DPRD, Ahmad Rivai, Senin, (21/2).
Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Rivai mengatakan, Rapat Paripurna DPRD kali ini diselenggarakan dengan agenda tunggal, yaitu Pemberhentian dan Penetapan Ketua DPRD Kab. Karawang Masa Jabatan 2009 – 2014. “Rapat paripurna ini telah disepakati sebelumnya oleh anggota DPRD Kab. Karawang pada Rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada tanggal 21 Februari 2011 dengan agenda tunggal,” ujarnya.
Lebih lanjut Ahmad Rivai mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD, disebutkan bahwa Pimpinan DPRD diberhentikan sebelum masa jabatannya berakhir karena meninggal dunia, mengundurkan diri dari jabatannya, diberhentikan sebagai anggota DPRD, atau diberhentikan sebagai pimpinan DPRD.
Ahmad Rivai melanjutkan, dalam PP tersebut juga dinyatakan bahwa bila pimpinan DPRD diberhentikan sebelum masa jabatannya berakhir, maka pengganti pimpinan DPRD tersebut berasal dari partai politik yang sama dengan pimpinan DPRD terdahulu.
Ahmad Rivai menambahkan bahwa DPC PDI-P telah menyampaikan surat kepada pimpinan DPRD dengan Nomor 48 /EX/DPC-15/11/2011 tanggal 19 Februari 2011 perihal penetapan pergantian Ketua DPRD dari PDI-P yang ditetapkan melalui surat DPP PDI-P No. 807/IN/DPP/11/2011 dari saudara Karda Wiranata kepada saudara H. Tono Bachtiar, S.IP.
H. Tono Bachtiar, S.IP, sendiri sebelumnya telah menjabat sebagai Plt. Ketua DPRD Kab. Karawang sejak 5 (lima) bulan yang lalu, dan sebelumnya juga merupakan Ketua Komisi C DPRD serta Ketua Fraksi PDI-P. Dirinya menggantikan H. Karda Wiranata yang melepas jabatannya selaku Ketua DPRD guna memenuhi amanah dan tuntutan konstituennya untuk menjadi salah satu Calon Bupati Karawang pada Pemilihan Kepala Daerah yang digelar bulan November 2010.
Meskipun telah ditetapkan sebagai Ketua DPRD oleh DPRD Kab. Karawang, namun H. Tono Bachtiar, S.IP, secara resmi masih belum definitif. Dirinya masih harus menunggu turunnya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat, dan selanjutnya mengikuti prosesi peresmian dan pengambilan sumpah janji sebagai Ketua DPRD Kab. Karawang oleh Ketua Pengadilan Negeri Karawang.
Sementara itu, turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Bupati Karawang, H. Ade Swara, Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, serta unsur muspida dan para pejabat daerah dilingkungan Pemerintah Kab. Karawang. Selain itu, terlihat pula sejumlah massa dari PDI-P yang tampak riuh tatkala nama H. Tono Bachtiar, S.IP ditetapkan sebagai Ketua DPRD.
 

No comments:

Post a Comment